Monday, January 11, 2016

Apa Itu Penyakit Gudikan?

Apa Itu Penyakit Gudikan?


Kalau anda tiba-tiba merasa kulit terasa gatal dan terjadi perubahan warna seperti munculnya bintil-bintil merah, maka ada kemungkinan anda terserang penyakit kulit. dari beragam jenis penyakit kulit, gudikan adalah salah satu yang patut dicurigai.

Poker Online Indonesia


Gudikan yang dikenal juga sebagai kudis atau scabies adalah penyakit kulit yang bersifat menular. Penyakit ini disebabkan oleh kutu parasit bernama sarcoptes scabiei. Bagaimana membedakannya dengan penyakit kulit lain? Dijelaskan dr Murdiati Ganjardani, dari Bamed Skin Care, gudikan akan lebih terasa gatal pada malam hari.

"Jadi untuk mendiagnosis penyakit scabies ini kita ada tanda kardinalnya yaitu dia mengenai sekelompok orang, kemudian yang khas adalah gatal pada malam hari jauh lebih jelas, terus tempat-tempat gejala klinis pada umumnya pada lipatan kulit yang tipis" kata Dr Murdiati.

Sela-sela jari, lipatan ketiak, pergelangan tangan, area kelamin, areola, dan sekitar pusar adalah contoh tempat favorit kutu bersemayam. Ketika malam hari para kutu menjadi aktif di area tersebut dan bekerja membentuk terowongan-terowongan di bawah lapisan kulit untuk bertelur sehingga penderitanya akan merasakan gatal yang hebat.

Gudikan dapat menyerang siapapun, tidak tergantung usia dan jenis kelamin. Penyakit biasanya muncul ketika satu orang berkontak langsung dengan penderita lainnya dan bisa menjadi lebih parah bila kulit menjadi luka dan terinfeksi akibat sering digaruk.

Dr Murdiati mengatakan untuk membunuh kutu ini ada obat antiscabies yang bisa diberikan.

No comments:

Post a Comment