Monday, December 21, 2015

Ketahui Gejala Umum Pengidap Leukemia

Ketahui Gejala Umum Pengidap Leukemia

Muhammad Ridzky Khalid (16), anak dari pembaca acara dan penyiar radio Muhammad Farhan (45) dikabarkan meninggal dunia karena leukemia. Sejak awal kemungkinan untuk dirinya sembuh memang minim karena penyakit baru diketahui saat sudah parah.


Poker Online Indonesia


Menanggapi hal tersebut spesialis anak dari divisi hematologi onkologi anak RSUD Tangerang, Dr Rini Purnamasari, SpA, menjelaskan bahwa memang leukemia hanya bisa didiagnosa pasti dengan tes laboratorium. Namun ada gejala umum yang bisa diperhatikan pada pengidap sepanjang perjalanan penyakit.

Gejala pertama adalah anak akan terlihat pucat seperti anemia dan dr Rini mengatakan orang tua pada tahap ini mungkin tak sadar awalnya. Hal ini terjadi karena mulai adanya penurunan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

"Sesudah itu ada pembesaran hati dan limpa. Nah orang tua yang anaknya masih bayi bisa merasakan tuh pas diraba waktu lagi mandiin," kata dr Rini ketika dihubungi detikHealth pada Senin (21/12/2015).

"Selanjutnya ada pembesaran getah bening bisa di leher bisa di ketiak bisa di selangkangan. Dari gejala seperti itu, ini anaknya anemia dengan pembesaran organ tubuh kalau sudah begitu harus periksa darah," lanjutnya.

Diakui oleh dr Rini bahwa gejala-gejala tersebut adalah sesuatu yang umum dan tak cukup untuk dijadikan acuan apakah seseorang mengidap leukemia. Pada beberapa kasus bisa saja keluhannya lain sehingga perlu tes untuk memastikannya.

"Ada gejala yang tak khusus, bisa saja dia datang mengeluh tulangnya sakit karena leukemianya sudah sampai tulang," pungkas dr Rini.

No comments:

Post a Comment