Tuesday, December 22, 2015

Ini Yang Bikin Payudara Istimewa, Tidak Hanya Produksi ASI

Ini Yang Bikin Payudara Istimewa, Tidak Hanya Produksi ASI

Payudara tak hanya menarik bagi pria. Pada dasarnya ada satu alasan yang membuat payudara wanita menjadi organ istimewa. Hal ini dipaparkan dua ilmuwan bernama Gregory Brown dan Rachel Salt dalam video terbaru bikinan mereka.


Poker Online Indonesia


Video berdurasi empat menit itu menjelaskan dengan gamblang keistimewaan dari organ bernama payudara. Apa itu?

Berbeda dengan reptil, serangga dan burung, mereka harus memberi makan anak mereka dengan cara berburu atau mengumpulkan makanan. Tetapi manusia dan mamalia, yang sama-sama memiliki kelenjar air susu, tidak perlu repot-repot melakukannya.

Alasannya tak lain karena manusia dan mamalia dapat menghasilkan makanan mereka sendiri. Padahal air susu ibu (ASI) terbuat dari darah atau hasil sekresi manusia.

"Jadi protein, gula, dan lemak diambil dari suplai darah seorang ibu untuk membuat ASI, dan inilah yang membuat mereka istimewa," jelas Rachel dalam videonya di YouTube.

Namun manusia merupakan satu-satunya mamalia yang memiliki puting dan kelenjar air susu ketika usia mereka memasuki puber, sedangkan hewan mamalia lainnya hanya membesar seiring dengan pertambahan usia.

Rachel melanjutkan, ketika memproduksi ASI, kelenjar di seputaran areola akan menjaga agar puting tetap licin. Kelenjar ini juga melepaskan senyawa khusus agar puting mereka terasa enak ketika diemut bayi.

Menariknya, tangisan bayi akan memicu proses hormonal yang kemudian mendorong munculnya hasrat ibu untuk memberikan ASI, tak peduli apakah itu bayinya sendiri atau bayi orang lain.

Kemudian puting payudara manusia juga dilengkapi sejumlah reseptor yang dapat mendeteksi ketika bayi mulai menghisap payudara ibunya, dan mengirim pesan ke otak ibu sehingga melepaskan oksitosin atau hormon kasih sayang. Di saat inilah ikatan antara ibu dan anak tercipta.

Di sisi lain, Rachel menjelaskan, payudara bukan hanya disukai bayi, tetapi juga orang dewasa. Berbagai riset menjelaskan preferensi kebanyakan orang adalah wanita berpayudara besar. Namun dalam survei lain juga ada yang mengatakan, payudara berukuran sedang juga dianggap sebagai payudara yang paling 'menarik'.

Selain itu, payudara bisa jadi sumber kepuasan yang luar biasa saat berhubungan seksual. Hal ini diakui oleh 82 persen wanita dan 52 persen pria yang mengungkapkan bahwa rangsangan pada puting payudara terbukti dapat meningkatkan gairah seksual.

Bahkan dari hasil scan MRI-nya terlihat wanita cenderung memberikan respons yang sama, baik ketika dirangsang putingnya maupun klitoris atau vaginanya.

Sayangnya, menurut Rachel, payudara juga merupakan organ yang sangat rentan. Sebab kanker payudara adalah salah satu kanker yang paling banyak ditemukan di seluruh dunia. Apalagi karena adanya fakta bahwa sel-sel dalam payudara terus berubah seiring dengan pertambahan usianya.

No comments:

Post a Comment